4 Cara Mudah Menemukan Informasi dengan Cepat Pada Jurnal Ilmiah

cara cepat, informasi, jurnal ilmiah, mahasiswa, student, publication, tips, skimming

Setelah menulis mengenai hal-hal yang berbau mahasiswa sebelumnya (tips mendapatkan beasiswa tanpa TOEFL dan IELTS baca disini), kali ini akan saya lanjutkan tips mengenai hal-hal yang sering saya lakukan selain sebagai researcher atau peneliti di bidang kimia yakni menemukan informasi dengan cepat pada jurnal ilmiah. Bagi pembaca baik orang awam, mahasiswa atau kamu yang sering bergelut dengan pencarian informasi yang ada pada jurnal, sudah dapat dipastikan pernah mengalami kesulitan ketika harus menemukan informasi yang kita butuhkan dan benar-benar menemukan jurnal yang tepat agar efisien dan hemat waktu sebelum kita membaca keseluruhan isi sebuah jurnal ilmiah. Walau bagaimanpun mendapatkan informasi dengan cepat dari jurnal ilmiah pada setiap orang berbeda tapi tidak ada salahnya mengikuti tips yang saya tuliskan dalam tulisan blog kali ini. Berikut saya tuliskan tips dari pengalaman saya yang sering bergelut dalam pencarian jurnal ilmiah baik melalui scholar google secara umum atau situs penyedia jurnal lainnya seperti science directspringerJACS dan lain-lain.

Pertama, kenali dari judulnya. Umumnya, judul sangat-sangat memaparkan kesulurhan isi jurnal. Dalam judul jurnal akan menunjukkan keyword yang kita inginkan seperti saya ingin mencari...”sintesis hidrotermal”, maka prioritaskan judul jurnal yang dengan gamblang menuliskan keyword “hidrotermal” karena tidak mungkin antara judul dengan isi berbeda. Ini jadi poin penting bagimu memprioritaskan judul yang memiliki kemiripan dengan informasi apa yang kamu dapatkan.

cara cepat, informasi, jurnal ilmiah, mahasiswa, student, publication, tips, skimming


Kedua, jika informasi yang kamu inginkan tidak ditemui secara eksplisit dalam judul jurnal maka terapkan prinsip to the point. Biasanya dalam search engine akan memunculkan pdf viewer atau pembaca file berformat pdf sebelum kita mendowload jurnal yang kita inginkan. To the point disini maksudnya adalah cari informasi langsung di tempat yang memang menyediakan informasi tersebut pada tubuh jurnal. Misalkan kamu mencari ...”teknik sintesis hidrotermal”, tentunya kamu tidak berfikir informasi ini dapat dicari di daftar pustaka atau referensi bukan? Ya, kamu akan mendapatkan secara gmblang mengenai tekni, metode atau cara di bagian tubuh jurnal yang bertuliskan “Metode, method atau preparation”. Jadi jika kamu tidak mendapatkannya informasi yang menajdi incranmu di bagian judul jurnal maka to the point lah.

Ketiga, melalui abstrak. Abstrak merupakan informasi singkat yang mencangkup keseluruhan isi atau rangkuman informasi yang dituliskan dalam jurnal. Dari sini setidaknya kamu bisa menerka apakah informasi yang kamu butuhkan ada dalam jurnal yang kamu lihat. Namun, karena abstrak sifatnya sangat singkat umumnya hanya berisikan 150 kata maka bisa jadi informasi yang kamu inginkan tertera dalam jurnal namun hanya saja tidak tuliska dalam sbtrak karena keterbatasan penggunaan kata.

Keempat, melalui gambar atau keterangan yang tertera dalam gambar jurnal. Menemukan informasi yang kita inginkan dari sebuah keterangan gambar atau gambar itu sendiri terbilang susah-susah gampang karena selain memakan waktu namun juga bisa jadi infromasi yang kita inginkan memang tidak ditampilkan atau tidak diujikan. Dalam sebuah jurnal, umumnya data berupa gambar yang diujikan oleh penlis atau corresponding author menyimpannya pada informasi tambahan atau supplementary information yang kamu harus dwnload terpisah dengan jurnal yang sedang kamu lihat melalui pdf viewer atau telah kamu unduh. Jadi hemat saya, kamu harus jeli dalam membaca informasi yang ditampilkan oleh sebuah gambar, apabila kamu yakin ada kaitannya dengan infromasi yang kamu cari kamu bisa melengkapi informasi yang kamu butuhkan dengan mendownload supplementary information yang tersedia dalam jurnal. Supplementary information ini gratis kok jadi tenang saja.

Inilah tips yang bisa saya bagi ke teman-teman pembaca dalam menemukan informasi dengan cepat pada jurnal ilmiah. Saya sendiri umumnya mendapatkan informasi secara cepat hanya dengan menjalankan tips kesatu dan kedua sehingga benar-benar mengefisiensikan waktu dan bermanfaat dalam meringkas informasi dari beberapa jurnal menjadi ulasan review yang saya tulis dalam tulisan blog lainnya (review jurnal baca disini). Selamat mencoba dan mempraktekkan.

2 comments

enong said...

thank you sangat bermanfaat

Febiyanto said...

Terima kasih telah berkunjung di blog saya dan meninggalkan komentarnya. Senang bisa berbagi.

Powered by Blogger.