4 Tips Ini Membantumu dalam Mendapatkan Jurnal Gratis berbahasa Inggris



Bagi kamu seorang peneliti atau mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitian Tugas Akhir atau TA mungkin akan sering mengalami masalah kekurangan bahan bacaan terutama literatur sumber primer seperti jurnal.  Tentunya bagi seorang mahasiswa penting sekali bisa memahami dan menemukan literatur sumber primer yang tepat seperti jurnal untuk melengkapi teori, hipotesa atau sekedar menambah referensi di bagian daftar pustaka. Namun, terkadang hal-hal krusial seperti penelitian yang belum dilakukan oleh peneliti dalam negeri atau risetmu memang masih baru dan ber­-genre internasional maka tidak ada pilihan bagimu untuk menjaring jurnal ke cakupan yang lebih luas lagi yakni jurnal-jurnal internasional berbahasa inggris. Meskipun penelitianmu sudah banyak dibahas dalam jurnal-jurnal berbahasa Indonesia yang umumnya adalah open access alias gratis, mungkin tips mendapatakan jurnal gratis berbahasa Inggris patut kamu coba demi menyempurnakan pembahasanmu yang lebih keren lagi, tentunya.
Pertama, dosen. Iya dosen adalah orang terdekat dalam lingkup kampus yang sering memiliki akses untuk mendapatkan jurnal gratis. Umumnya sebuah universitas akan memiliki akses ke situs-situs jurnal yang berbayar sehingga penliti atau dosen dalam hal ini memiliki akun untuk dapat mengkases jurnal yang ada dalam situs tersebut. Simpelnya, kamu bisa meminta bantuan dengan dosenmu. Namun, perlu diperhatikan olehmu, tipikal dosen akan berbeda-beda jadi harus pintar-pintar untuk bisa berdikusi dengan beliau ya apalagi harus meminta bantuan. Satu lagi yang perlu diingat, pastikan dosen atau pembimbing penelitianmu memiliki akses akun aktif.
Kedua, www.scholar.google.com. Alamat ini merupakan salah satu serach  engine untuk mencari jurnal secara umum. Artinya kamu bisa mendapatkan jurnal gratis meskipun jurnal yang kamu inginkan tak jarang berujung pada jurnal yang berbayar. Namun, melalui seacrh engine ini, setidaknya kamu sudah memfilter tema-tema riset yang berkaitan dengan mu untuk semua jenis situs penyedia jurnal jadi jika kamu menemukan yang berbayar kamu hanya tinggal mem-bookmark kemudian menerapkan tips dalam ulasan di blog ini, tips pertama atau setelah ini. Jadi jangan nyerah dulu kawan!


Ketiga, melalui JUJI MITI. JUJI MITI atau Jasa Unduh Jurnal Internasional MITI ini merupakan salah satu situs yang cukup favorit karena hampir memiliki akses mencangkup semua jurnal yang berbayar seperti JACS, library online, Science Direct atau Elsevier dan lain-lain. Kamu dengan mudah hanya tinggal memintanya melalui JUJI MITI. Melalui misi MITI untuk dapat meningkatkan daya nalar, riset serta perkembangan daya baca masayrakat Indonesia, JUJI MITI terlahir di tengah-tengah masyarakat Indonesia, peneliti dan tentunya mahasiswa dengan budget pas-pasan.  Jika kamu yang ingin berminat meminta jurnal dari JUJI MITI bisa mengisi formulir disini. Meskipun begitu, pelayanan dari MITI ini masih terbatas, yakni untuk JUJI sendiri kamu hanya bisa meminta jurnal internasional maksimal 3 jurnal untuk 1 akun email dengan tenggang waktu 2 minggu pengiriman balik jika jurnal yang kamu inginkan tersedia. Namun, bagaimanpun kita patut mengapresiasi MITI dalam menjalan visi misinya untuk meningkatkan daya baca dan tentunya gairah masyarakat untuk mempublikasikan karyanya melalui pelayanan jurnal internasional gratis. Salut untuk MITI!
Keempat, grup atau komunitas unduh jurnal gartis di facebook. Beberapa waktu yang lalu saya pernah menemukan  sebuah grup di facebook dimana admin atau anggota terpilih mampu menyediakan jurnal atau bahkan buku bagi kamu yang request atau sekedar komen permintaan di grup tersebut. Tentunya jurnal atau buku ini didapatakan dari mahasiswa atau dosen yang memiliki akses (berlangganan) ke penyedia jurnal atau buku. Setahu saya, beberapa mahasiswa internasional di dalam grup ini pun turut membantumu untuk mendapatkan jurnal yang kamu inginkan. Karena sifatnya yang journal or book sharing dari admin atau anggota lainnya, maka untuk mendapatkan apa yang kamu minta masih terkendala dalam soal waktu atau kepastian kapan mendapatkan jurnal yang kamu inginkan. Tetapi melalui grup ini, tidak salahnya jika kamu mencobanya. Semakin banyak sumber atau yang membantu, bukankah semakin cepat kamu menemukan jurnal apa yang kamu inginkan, bukan?
Di akhir tips ini, sebenarnya kamu bisa banyak menemukan sumber jurnal diantaranya adalah melalui perpustakaan nasional. Tetapi kamu terlebih dahulu harus mendaftar sebagai anggota untuk mendapatkan member card. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Para Pencari Jurnal (PPJ).


No comments

Powered by Blogger.