Cara Jitu Jadi Blogger Sukses Bagi Pemula: Ulasan Buku Panduan Lengkap SEO Pemula untuk Blogger

SEO, Search Engine Optimization, pemula, internet, marketing, blog, blogger, blogging, Jefferly Helianthusonfri

Buku ini ditulis oleh Jefferly Helianthusonfri yang terdiri atas 182 halaman dengan harga berkisar antara Rp 40.000 hingga 50.000. Teman-teman pembaca yang ingin memiliki buku ini, bisa menemukannya di toko atau website resmi seperti www.gramedia.com atau memesan buku karya penulis langsung ke si empunya di www.jefferlysuperclub.com. Saya sendiri termasuk yang cukup beruntung karena tanpa direncanakan membeli 2 buah buku karya beliau (buku lainnya Insyaallah akan diulas secara singkat pada kesempatan yang lain). Pada awalnya, tertarik membeli buku berkaitan dengan blog/blogger dan optimasi SEO agar bisa mengoptimalkan blog yang saya buat beberapa bulan lalu dan tentunya karena ketidaktahuan saya secara mendalam perihal blogging mem-blogging. Pikir saya, karena investasi ilmu itu penting dan berusaha menjalankannya dengan semaksimal mungkin menuntut kita bersikap profesional dan sungguh-sungguh termasuk tidak pelit untuk membeli sebuah buku.

Dalam buku ini, penulis sedikitnya telah memperlihatkan pesonanya melalui 4 hal keunikan yang ingin saya kemukakan, mulai dari informasi singkat penulis hingga isi materi yang disampaikan. Hal menarik pertama dan memang ini yang sering saya lakukan pada kebanyakan buku-buku yang sudah saya beli, saya langsung tertarik membuka bagian biodata penulis di akhir halaman buku yang umumnya jarang ditampilkan pada cover atau sampul halaman belakang sebuah buku. Hanya sekedar memuaskan keingintahuan saya terhadap si penulis dari buku-buku yang saya beli. Well, saya cukup terkejut kalau penulis telah menerbitkan kurang lebih 27 buku hingga Januari 2015 kemarin di usia yang terbilang masing sangat belia yakni 18 tahun. Bisa dibayangkan kan gimana suksesnya jadi penulis? Ditambah penulis juga telah menjalankan bisnis daringnya (online) yang pembaca dapat simak di dua alamat website penulis yakni www.belajariklandifacebook.com dan www.keajaibanmenulis.com. Oleh karena itu, rasanya saya pun tak berlebihan jika memberi judul artikel pembuka pada tulisan saya ini dengan membubuhkan kata “sukses” karena dipaparkan langusung oleh penulis sekaligus praktisi yang memang cukup memahami dan pakar di bidangnya yakni dunia internet dan marketing. Tentunya, inilah yang membuat saya semakin tertarik dan penasaran untuk menyelami isi bukunya lebih dalam.

Hal menarik kedua, penulis menghadirkan kesan penyampaian dalam bukunya yang sangat mudah dicerna, mengalir dan memang pas dengan judul penulis yang menargetkan pada kaula “orang awam atau blogger pemula”. Hal ini pun tak tanggung-tanggung pada awal bagian dari buku ini, penulis menunjukkan beberapa buah karya yang telah penulis bukukan sehingga terkesan sangat real terhadap apa yang disampaikan adalah buah pemikiran, perenungan dan pengalaman yang dijumpai selama ini serta menjadi magnet kuat bagi pembaca untuk merasakan dan mempraktekkannya atau paling tidak, mampu mengetahui dengan jelas step by step belajar SEO blogger dari pengalaman penulis hanya dengan membaca karya-karyanya.

Hal menarik ketiga, tentunya ada bonus CD yang diberikan kepada para pembaca secara cuma-cuma. Cukup menarik dan menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah buku dibandingkan buku-buku panduan serupa yang saya temui ketika awal-awal mencari di situs secara daring yang sesuai budget dan tentunya kebutuhan saya. Tidak dipungkiri, hal ini pun akan menunjang proses pembelajaran dan transfer materi yang lebih mudah diserap dan dapat diterapkan secara langsung oleh para pembacanya.
Terakhir, hal menarik keempat. Bagi yang belum puas dengan hanya membaca tulisan penulis, penulis sangat membuka diri untuk bisa berdiskusi, mengeluarkan unek-uneknya atau setidaknya “say hello” dengan penulis di grup facebook yang dibuat oleh penulis sendiri di http://www.facebook.com/groups/bukuJefferly/. Tak banyak yang membuka kesempatan untuk bisa berdialog langsung dengan penulis bahkan melalui dunia maya, sehingga menjadi kesempatan emas bagi para pembaca untuk mendalami SEO, langsung dari pakarnya.

Beranjak pada bagian isi, sesuai dengan judulnya yang masuk dalam daftar buku kelompok “internet” dan berjenis buku “tutorial dan referensi”, buku ini cukup menghadirkan panduan yang lengkap untuk kawula “pemula” dalam memahami SEO atau Search Engine Optimization yang dibagi kedalam 12 bab utama. Saya sendiri menemukan fokus pemaparan untuk menyelami SEO ada pada bab 4 dengan judul “Syarat agar masuk halaman 1 Google” hingga mendulang uang dari bisnis dengan mudah hanya dengan SEO pada akhir bab. Dalam tiap babnya akan disuguhkan secara detail dengan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh berikut tips langsung untuk mengoptimasi search engine pada blog pembaca. Seperti halnya dalam bagian “ menulis artikel blog yang Google friendly ” [1]. Penulis merangkainya secara detail tanpa mengenyampingkan keakuratan manjurnya tips yang diberikan. Bisa dilihat dari gambar-gambar yang disematkan adalah milik pribadi penulis. Pada bab ini pun akan dibahas secara detail mulai dari bagaimana menentukan judul, alamat URL dan deskripsi artikel yang mengandung kata kunci, hingga teknik menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya. Satu diantaranya, untuk SEO yang optimal, penulis sangat menekankan judul artikel yang mangandung kata kunci [2]. Pemelihan kata kunci yang tepat dapat menjadi salah satu gerbang bagi pengguna internet atau viewers untuk mengunjungi blog pembaca yakni dengan menuliskan kutipan kata tokoh seseorang seperti yang ditunjukkan gambar berikut:

SEO, Search Engine Optimization, pemula, internet, marketing, blog, blogger, blogging, panduan lengkap, Jefferly Helianthusonfri

Atau kedua, menggunakan judul kumpulan cara:

SEO, Search Engine Optimization, pemula, internet, marketing, blog, blogger, blogging, panduan lengkap, pemikat, Jefferly Helianthusonfri

Penulis juga dalam kesempatan lain memberikan tips jitu yakni dengan menggunakan judul yang mengundang pertanyaan seperti  “Bagaimana Cara Mudah Mengajari Anak Membaca” dengan kata kunci yang dibidik adalah “cara mengajari anak membaca”. Atau bisa juga pembaca menerapkan dalam judul artikel blog pembaca dengan memberikan kata-kata pemikat seperti “mudah, cepat, praktis, hemat atau gampang”. Penulis menekankan kata-kata pemikat, karena para viewers senantiasa mencari cara atau solusi yang akan menguntungkan mereka. Ketika tulisan blog pembaca mampu menyuguhkan solusi dengan membubuhkan kata-kata pemikat, maka pengguna internet akan semakin tertarik pada blog pembaca. Intinya menurut penulis, berfokuslah pada keuntungan pembaca [3]. Viewers yang tertarik judul artikel blog pembaca maka  secara tidak langsung akan meningkatkan kesempatan untuk mengklik bahkan membeli produk pembaca ketika tampil di pencarian Google.

Di akhir tulisan ini. Pertama, bisa jadi saya atau pembaca yang cukup awam dan baru kenal atau sedang membuat sebuah blog, buku karya penulis ini cukup recommended untuk dilahap habis. Kedua, disadari atau tidak oleh pembaca blog, dalam tulisan ini pun saya mempraktekkan secara langsung langkah-langkah yang dijelaskan oleh penulis dalam bukunya, khusunya penamaan judul artikel dalam blog ini yang mengandung kata kunci pemikat meskipun hanya berupa ulasan buku penulis☺. Bagaimana? Jadi blogger sukses itu gampang, bukan?

Daftar pustaka
1.     J. Helianthusonfri, 2015, Panduan Lengkap SEO Pemula untuk Blogger, PT. Elex Meida Komputindo, hal. 45
2.     Idem, hal. 45
3.     Idem, hal. 47


No comments

Powered by Blogger.