Ulasan Jurnal Size-controlled synthesis of polygorskite/Ag­3PO4 nanocomposites

mahasiswa, Ag3PO4, penelitian, semikonduktor, ulasan jurnal, Unsoed, febiyanto, komposit material,

Pada ulasan jurnal kali ini akan membedah jurnal yang berjudul Size-controlled synthesis of polygorskite/Ag­3PO4 nanocomposites with enhanced visible-light photocatalytic performance [1] dengan penulis yakni Jie Luo, Guorong Duan, Weiwei Wang, Yuting Luo dan Xiaoheng Liu. Jurnal ini merupakan publikasi riset terbaru pada Applied Clay Science dengan tahun penerimaan setelah revisi adalah bulan April 2017. Berikut beberapa informasi singkatnya:

Hasil:

Pertama, pembentukan morfologi berskala nano menggunakan teknik sintesis yang sangat sederhana menjadi bahasan utama dalam jurnal ini. Ukuran nano akan membentuk interaksi partikel dengan polutan yang dalam hal ini berupa pewarna metil orange menjadi lebih besar. Liu dan timnya mampu membuktikan pembentukan partikel nano Ag3PO4 yang menempel pada lapisan permukaan PAL atau polygorskite. Optimasi penambahan PAL sebesar 20% mampu membentuk partikel Ag3PO4 berbentuk spherical atau bulat dengan ukuran diameter berkisar 10 nm.

mahasiswa, Ag3PO4, penelitian, semikonduktor, ulasan jurnal, Unsoed, febiyanto, komposit material,
Gambar 1. Analisis TEM pada 20% PAL/Ag3PO4

Kedua, penambahan PAL dapat disebut sebagai “template”.

Ketiga, fotokatalis yang disintesis terbilang cukup murni dan stabil dimana katalis mampu aktif pada pencahayaan sinar tampak.

Keempat, penambahan 20% PAL pada Ag3PO4 menunjukkan aktivitas yang lebih baik dibandingkan dengan penambahan lainnya namun penambahan melebihi 20% mampu menurunakan aktivitas fotokatalitik Ag3PO4. Hal ini menurut penulis dapat disebabakan oleh 2 hal yakni (1) ukuran partikel menurun seiring dengan kenaikan viskositas nukleasi atau dalam hal ini sangat bergantung pada konsentrasi PAL dan (2) viskositas koloid  PAL yang mana sangat mempengaruhi pembentukan ukuran partikel Ag3PO4 yang bervariasi. Karakteristik ukuran partikel Ag3PO4 ini yang diduga menjadi penyebab utama dan vital dalam aktivitas fotokatalitik.

Kelima, efisiensi fotokatalitik dicapai melalui mekanisme pemisahan hole dan elektron diantara Ag3PO4 dengan PAL. Hal ini karena interaksi atau gaya elektrostatik diantara hole Ag3PO4 yang bermuatan positif dan PAL yang bermuatan negatif maka elektron tereksitasi  dan hole pada Ag3PO4 bermigrasi lebih efisien.

mahasiswa, Ag3PO4, penelitian, semikonduktor, ulasan jurnal, Unsoed, febiyanto, komposit material,
Gambar 2. Ilustrasi mekanisme yang memungkinkan dari fotokatalis komposit PAL/Ag3PO4

Kelebihan:

Pertama, penggunaan metode yang cukup mudah dan sederhana yakni kopresipitasi mampu menghasilkan performa semikonduktor fotokatalis PAL/Ag3PO4 aktif pada sinar tampak dengan ukuran berskala nano.

Kedua, penggunaan PAL terbilang sangat efisien dalam membentuk partikel berskala nano dengan metode kopresipitasi dibandingkan dengan sintesis fotokatalis komposit dengan metode lainnya.

Ketiga, pengaturan konsentrasi massa PAL sangat mempengaruhi pembentukan ukuran partikel Ag3PO4.

Keempat, fotoktalis  20% PAL/Ag3PO4 menunjukkan kestabilan yang lebih baik dibandingkan dengan Ag3PO4 murni. Fotokatalis Ag3PO4 terbilang sangat mudah terdegradsi atau besifat korosif melalui pelepasan atom logam Ag dibawah iridiasi sinar cahaya tampak yang terus menerus.

Kelemahan:

Pertama, konsentrasi  massa 20% yang diberikan pada Ag3PO4 cukup sulit diidentifikasi dengan baik pada penampakan peak XRD.

Kedua, uji spesis radikal aktif tidak dilakukan.

Ketiga, penjelasan mengenai mekanisme degradasi melalui jenis spesis radikal aktif superoksida O2-• terbilang masih kontradiktif dengan beberapa penelitian terdahulu yang menyatakan sulitnya pembentukan radikal ini karena nilai potensial redoks dari pita valensi (VB/Valence Band) Ag3PO4 yang tidak cukup kuat untuk mereduksi oksigen dari udara bebas.

Daftar Pustaka
[1] J. Luo, G. Duan, W. Wang, Y. Luo, dan X. Liu, 2017, Applied Clay Science, 143: 273-278.


No comments

Powered by Blogger.