5 Alasan Ini Membuat Kamu Harus Menulis Sekarang Juga

Menjadi bermanfaat, solutif, inspiratif, menulis,

Masa muda merupakan salah satu masa-masa emas yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Masa-masa emas ini harus dilalui dengan kegiatan atau aktivitas produktif. Banyak jenis dan kategori aktivitas yang dapat kamu pilih untuk mengisi hari-harimu tetap produktif. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan sedini mungkin adalah menulis. Iya menulis.

Bagi kamu yang sedang menikmati masa-masa mudamu simak alasan agar kamu mampu mengoptimalkan hari-hari mu dengan kebermanfaatan melalui aktivitas menulis.

Pertama, kamu pasti bertanya-tanya kenapa harus menulis? Menulis merupakan kegiatan menuangkan gagasan, ide, pendapat dan masukan yang berguna bagi khalayak banyak. Dengan menulis manfaat tidak hanya akan dirasakan oleh orang-orang disekitarmu saja tetapi juga manfaat akan secara langsung dirasakan olehmu. Manfaat ini diantaranya adalah kamu mampu mengoptimalkan dirimu melalui curahan gagasan, ide dan saran dalam sebuah karya yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh orang banyak. Tentunya dengan menulis pun tidak memerlukan banyak energi untuk memulai menulis sekaligus turut serta membantu khalayak banyak. Tuangkan ide terbaikmu untuk mereka!

Kedua, kamu pasti pernah merasa belum banyak berkontribusi untuk orang-orang disekitarmu. Hampir bisa dipastikan kalau saya dan kamu seringkali merasakan hidup dari buaian hingga beranjak dewasa hanya memiliki sedikit kontribusi bagi orang lain. Tentunya kamu yang masih mencari jati diri akan sangat resah atas eksistensi dirimu di dunia ini namun masih nihil kontribusi atau bahkan belum memberikan apa-apa terhadap orang-orang disekitarmu. Nah, disini menulis menjadi solusi bagimu untuk mulai bermanfaat bagi orang lain. Kamu bisa menyebarkan aura positifmu untuk membantu mereka melalui tulisan-tulisan solutif, inspiratif dan mencerahkan. Ibaratnya, kamu bisa menjadi satria ber-pena!

Ketiga, media ekspresi positif. Kamu yang berjiwa muda dan penuh dengan semangat sepertinya sangat cocok untuk mulai menuliskan ekspresi positifmu mulai saat ini juga. Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini muncul media-media yang berisi tulisan bernada provokasi bahkan HOAX. Disini kamu bisa meminimalisir dampak dari berita atau media yang tidak bertanggung jawab dengan menghadirkan tulisan positifmu. Tulisan HOAX tidak lain harus diminimalisir keberadaannya dengan tulisan-tulisan ilmiahmu. Tentunya tulisan-tulisan positifmu akan sangat dinanti untuk mereka yang membutuhkan media bacaan yang berkualitas dan terpercaya. Oleh karena itu, jadilah aktivitas menulis menjadi media ekspresi positifmu saat ini.

Keempat, ladang kebaikan dan betuk time-managing. Umumnya kita dalam sehari memiliki waktu-waktu yang tidak dimanfaatkan secara optimal. Daripada waktumu habis untuk memikirkan hal-hal yang tidak berfaedah, ini kesempatanmu untuk mengubah kebiasaanmu yang dulu menjadi produktif dan tentunya jadi ladang amal untukmu. Manfaatkan waktu luangmu untuk sharing hal-hal yang kamu jumpai berupa pengalaman atau kejadian sepanjang kehidupanmu sehingga bisa menjadi pelajaran dan contoh untuk menjadi perhatian bagi mereka yang belum mengalaminya. Tentunya kamu bisa menjadi agen pengubah keadaan lingkunganmu atau orang lain menjadi lebih baik secara perlahan-lahan melalui tulisan-tulisan berkesanmu.

Kelima, media melatih diri. Menulis akan menjadikanmu lebih bersemangat untuk menimba ilmu, membaca, mendengarkan saran dan pendapat orang lain, serta belajar untuk empati terhadap kejadian-kejadian sosial di lingkunganmu. Kamu yang hobi menulis akan sangat peka membahas hal-hal yang dengan tulisanmu ini bisa bermanfaat secara luas. Tentunya ini akan sangat mendorong dirimu untuk membaca, melihat hal-hal sosial yang terjadi, menelaah kembali sehingga tulisanmu tetap fresh dan solutif.

Jadi kamu yang saat ini masih mencari-cari kegiatan atau aktivitas yang bermanfaat bagi orang lain, mulailah menulis sekarang juga, jadilah satria ber-pena!

No comments

Powered by Blogger.