Panduan Praktis Punya Website Sendiri: Ulasan Buku Website Cangih dan Praktis dengan Blogspot

Website, blogspot, Jefferly Helianthusonfri, Canggih dan Praktis dengan Blogspot, toko online, web minisite, company profile

Buku kedua karya Jefferly Helianthusonfri yang saya beli ini akan mengulas secara spesifik tahapan-tahapan yang mudah dan praktis bagaimana memulai membangun website toko online, company profile dan web minisite. Buku berjumlah halaman 219 lembar ini sendiri diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo bertahun 2017 sama dengan buku yang telah saya beli sebelumnya bertemakan tentang Search Engine Optimization atau SEO (Baca juga ulasan lengkap Panduan SEO Pemula untuk Blogger disini). Pembaca yang ingin memiliki buku ini dapat membelinya di toko atau website resmi seperti www.gramedia.com atau memesan buku karya penulis langsung ke si empunya di www.jefferlysuperclub.com dengan harga berkisar Rp 40.000-50.000.

Pada bagian awal akan dipaparkan secara singkat mengenai alasan penulis memilih blogspot sebagai sarana untuk memulai membangun bisnis daring (bentuk baku dari kata online) atau menginformasikan produk yang ditawarkan ke khalayak umum secara daring. Pertama, gratis dan praktis. Cukup bermodalkan akun email di Gmail pembaca dengan sangat mudah membuat web menggunakan blogpsot. Selain itu, keunggulan penggunaan blogspot adala praktis dimana semua fitur-fitur dasar yang dibutuhkan untuk membuat web sudah tersedia dalam akun blogspot pembaca. Kedua, fitur yang lumayan lengkap dan mudah digunkan karena untuk membuat web di blogspot pembaca tidak harus mengetahui betul bahasa pemrograman web. Hal ini karena fitur-fitur yang dihadirkan dalam blogspot sudah sangat mumpuni walaupun beberapa hal blogger memang punya kekurangan [1].

Sekilas mengupas tentang toko online, company profile, dan web inisite yang dipaparkan dalam buku ini. Toko online adalah website yang dapat digunakan sebagai media untuk menawarkan produk di internet. Toko online ini bisa diibaratkan sebagai katalog produk pembaca yang dapat diakses oleh orang-orang dari seluruh dunia. Berbeda dengan toko online, web minisite adalah website mini yang biasanya terdiri atas 1 halaman muka yang ditujukan untuk tujuan tertetu secara gamblang. Tujuan ini bisa berupa menawarkan produk atau jasa, menjaring email target dan keperluann lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan user [2]. Sedangkan company profile adalah web yang dikhususkan untuk menampilkan profil perusahaan [3].

Dalam buku ini akan dihadirkan secara detail tahapan demi tahapan dalam memulai membangun toko online, company profile atau web minisite hanya berbekal akun blogspot pembaca. Tahapan ini dimulai dari membuat akun blogspot, pengaturan dan desain template, hingga cara optimasinya untuk mendukung proses SEO. Pada akhir bab buku ini penulis juga dalam tulisannya mengajak pembaca untuk menganalisis dan mendatangkan trafik web baik onpage atau offpage yang menjadi poin sentral bagi pembaca yang akan memulai atau telah membangun website untuk menawarkan produk pembaca secara daring. Bahasa dan pengantaran penulis dalam buku ini sangat mudah dicerna ditambah dilengkapi dengan tutorial dan gambar panduan sehingga pemula atau pembaca yang baru mengenal tentang blog dan website akan langsung memahami cara mengoperasikan blog sebagai website yang diinginkan. Penulis juga tak ketinggalan dalam beberapa kesempatan mengajak pembaca untuk menelusuri lebih lanjut materi tambahan yang telah disediakan melalui grup facebook atau website penulis tanpa dipungut biaya alias gratis.

Bagi pembaca yang ingin memulai bisnis daringnya dengan langkah-langkah yang mudah, buku ini menjadi salah satu rekomendasi yang patut dimiliki karena materi yang disediakan cukup lengkap dimulai dari pengenalan jenis-jenis website hingga pembahasan secara singkat cara mengoptimalisasi SEO website pembaca yang dikemas dengan praktis sepraktis judul dalam ulasan kali ini.

Daftar Pustaka
1.    J. Helianthusonfri, 2017, Website Canggih dan Praktis dengan Blogpsot, PT Elex Media Komputindo, hal. 2.
2.    Idem, hal 3.
3.    Idem, hal 5.

No comments

Powered by Blogger.